benerin sendiri EPSON TX111 hasil print loncat dan suara kasar!!!




Saya sudah lama menggunakan printer tx111, kira-kira sudah berjalan 1 tahunan. Beberapa waktu yang lalu masih lancar-lancar saja buat print mau scan data. Tetapi belakangan ini, tiba-tiba printer saya suara menjadi kasar sewaktu ngeprint data/gambar, selain itu hasil gambar juga loncat-loncat.setelah tanya sana-sini, akhirnya printer saya sudah normal kembali tanpa melewati tangan orang servis :D. bagi agan-agan yang mempunyai masalah yang sama, nih saya coba kasih tutornya buat benerin, hehe,  monggo disimak ya gan!

Gambarnya loncat gan, jadi bukan nggaris!




PERHATIAN !! 

apabila anda kurang sehat / kurang fokus, saya sarankan
jangan membongkar dulu, karena dibutuhkan waktu senggang
untuk melakukan proses perbaikan dulu..

ada baiknya anda menyiapkan jamu dulu,
silahkan kunjungi : http://jamumbahyah.blogspot.com/  hehehehe


 LANGSUNG AJA GAN!

1. Lepaskan semua baut pada tx111, ada 3 baut di belakang dan 3 baut lagi di bawah scanner
2. lepas papan tombol indicator dengan cara didorong ke depan, setelah itu lepas kabel indikator (tarik pelan pelan dengan cara menarik pada kabel berwarna biru)


 3. Setelah itu lepas penutup yang menutupi kabel scanner yang letaknya di setelah kanan tombol indicator.

4. lepaskan 2 kabel scanner dari motherboard, dengan cara menariknya. lalu lepas juga scanner dan taruh di tempat yang aman 


  5. lepas chasing printer dengan cara mengangkatnya ke atas setelah scanner dipindah.
  
 

6. Setelah chasing dilepas, cari sensor printer tx111 di sebelah kiri printer. di sensor tersebut ada mika berbentuk bulat yang bertuliskan angka-angka, bersihkan mika bulat tersebut dengan menggunakan tissue yang halus, bersihkan secara hati-hati dan merata. sebalah kiri ada sensor dan mika yang berbentuk bulat (putar pelan gear berwarna putih sambil membersihkan dengan tissue) 


7. setelah selesai, kembalikan printer seperti awal mula, pasang scanner dan chasing, tancapkan kabel indicator dan kabel scanner, pasang kembali mur-mur dan silahkan coba buat print gambar atau data.


sekian tutorial dari saya , mungkin tulisan saya masih mletat mletot belum sempurna, maklum masih nubie di dunia perbloggingan hehehe.

10 comments:

makasih banget gan atas infonya
udah nyelametin printer ane dari tangan2 tukang servis hehehe..

January 24, 2011 at 3:26 PM comment-delete

@Ugie Mystclouds sama-sama gan. saling sharing aja hehehe

February 24, 2011 at 6:44 AM comment-delete

makasih banyak bos atas ilmunya, Barusan diprakek an dan selamatlah TX 111 ku {sudah sebulan jalan-jalan ke beberapa tukang service dan toko yng menjualnya, semua bilang kerusakan bagian mekanik }

May 19, 2011 at 7:07 AM comment-delete

@karyono. sama sama bos.. intinya share ilmu aja.. dulu soalnya ane juga ngalamin mirip dengan yang bos alamin.. akhirnya diberitahu anak servisan printer.. :)

July 27, 2011 at 8:45 PM comment-delete

Kok gambar tutor-nya ndak keluar gan? lagi perlu bgt nih buat TX111 ane..

August 10, 2011 at 9:25 PM comment-delete

masalahnya sama neeh.. ane printer TX101 aka pendahulu TX111

tak coba dulu boss..

thx before

January 22, 2012 at 11:04 PM comment-delete

sorryyy gan... udah ane update sekarang!! pasti jelas sejelas-jelasnya gan :shakehand

December 5, 2012 at 4:40 AM comment-delete

semoga kasusnya sama gan, biar ga keluar duit lagi buat nyerpis hehehe

December 5, 2012 at 4:41 AM comment-delete

kalau scanner tx111 gak mau bergerak....berbunyi, apa nya ya...?

April 4, 2017 at 8:16 PM comment-delete

ok trims entar dicoba gan

September 17, 2017 at 12:44 AM comment-delete

Post a Comment